Download Surat Lamaran Kerja Mudah dan Gratis


Selain CV atau curriculum vitae, hal yang perlu dipersiapkan dan banyak dibutuhkan untuk melamar pekerjaan adalah surat lamaran pekerjaan. Surat ini berisi permohonan kepada pemimpin perusahaan tempat kita melamar bahwa kita ingin melamar lowongan pekerjaan yang tersedia pada perusahaannya. 


Format surat ini terdiri atas:


1. Tanggal surat


Tanggal surat perlu ditulis agar perusahaan tahu kapan surat lamaran tersebut dibuat. jangan sampai salah menulis tahun karena bisa jadi surat lamaran kamu akan langsung ditolak.


2. Penerima dan Alamat Surat


Dibawah tanggal surat biasanya ditulis penerima dan alamat yang dituju. Untuk penulisan orang yang menerima harus menggunakan istilah Bapak atau ibu. Jika di dalam poster menuliskan HRD kamu cukup menuliskan kata HRD. Sementara untuk penulisan alamat harus ditulis dengan lengkap dan sejelas mungkin. Hal ini untuk menghindari kesalahan pengiriman jika kamu menggunakan jasa pengiriman barang.


3. Perihal 


Perihal adalah maksud tujuan surat tersebut ditulis. Karena suratnya adalah surat lamaran pekerjaan maka perihal bisa diisi dengan lamaran kerja.


4. Salam Pembuka


Jika kamu menulis surat lamaran pekerjaan yang formal maka kamu wajib menggunakan kata Dengan hormat.


5. Isi Surat


Bagian ini menjelaskan tentang tujuan surat yang ditulis (dalam hal ini melamar pekerjaan) serta biasanya berisi berkas-berkas yang sudah dilampirkan untuk melamar pekerjaan.


6. Salam Penutup


Setelah menulis isi surat maka yang ditulis selanjutnya adalah salam penutup yang formal.


7. Tanda Tangan


Selalu gunakan tanda tangan yang sama persis dengan yang ada pada kartu tanda penduduk (KTP) agar surat tersebut diyakiki kebenarannya diikuti nama lengkap pada bagian bawah tanda tangan.


Anda dapat mendownload contoh surat lamaran secara gratis Disini


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post